Monday, July 1, 2013

Seleksi Asean Skills Competition ke 10 Vietnam






Masih terngiang jelas dalam ingatan sorak sorai lagu "Ina Skills Beraksi" yang dibawakan oleh Competitor Indonesia pada Ajang The 9th. Asean Skills Competition (ASC) 2012. Event yang dilaksanakan di JCC Senayan, Jakarta pada 12 - 20 November 2012 tersebut merupakan ajang 2 tahunan yang mempertemukan pemuda-pemuda yang memiliki keterampilan tertentu se Asia Tenggara. Nyanyian itu sungguh membangkitkan semangat kontingen Indonesia, termasuk saya sebagai competitor di bidang Mechanical Engineering Design-CAD.

Semangat yang terus dijaga menguatkan mental kami hingga satu persatu nama dipanggil sebagai peraih medali. Betapa bahagianya, ketika Indonesia dinyatakan sebagai Juara Umum setelah berhasil menyabet 19 medali emas, 12 medali perak, 2 medali perunggu dan 7 Diploma. Berada di uritan kedua dan ketiga yaitu Vietnam dan Thailand, dst. Rasa haru dan bangga menyeruak di Plenari Hall JCC lantaran Indonesia menjadi juara umum untuk pertama kalinya selama 9 kali mengikuti ajang ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Kemenakertrans RI sangat bekerja keras dalam memperjuangankan nama tenaga kerja Indonesia, terbukti dengan 'hadiah indah' itu yang sangatlah diluar dugaan. Hampir 8 bulan telah berlalu dari keberhasilan Team Indonesia pada ajang ASC ke 9 ini. Kini saatnya Indonesia menerima tantangan terbuka. Mampukah Indonesia membuktikan kehabatannya dengan mengulang Juara Umumnya pada ASC ke 10 di Vietnam tahun 2014 nanti ?

Perlahan namun pasti, kemenakertrans mulai melakukan seleksi daerah di berbagai Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersebar di Indonesia. Ada berbagai bidang yang diperlombakan disini, Mechanical Engineering Design - CAD, IT - Software Solutions for Business, Welding, Plumbing, Bricklaying, Cabinet Making, Fashion Technology, Automobile Technology, Cookery, Restaurant Service, Mechatronic, Wall & Floor tiling, Web Design, Industrial Electronic, Electrical Installation, Joinery, Beauty Therapy, Refrigeration, Graphic Design Technology, Information Technology - Network System Administration.

5 bidang yang bertemakan Komputer, yaitu Mechanical Engineering Design - CAD (bidang yang penulis kuasai), IT Network Systems Administration, Web Design, Grapich Design, dan IT Software Solution for Business proses seleksinya diadakan melalui Bina Nusantara Skills Competition (BNSC). Seleksi dilakukan melalui sistem online melalui website http://competition.binus.ac.id/bnsc2013 dengan syarat usia tidak boleh lebih dari 22 tahun saat lomba dan berkewarganegaraan Indonesia. Lalu kurang lebih 15 orang terbaik dari seleksi online ini akan dipanggil untuk mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) 1 selama kurang lebih 4 hari. Dari sini akan diperoleh tiga orang terbaik yang siap untuk diasah kembali kemampuannya pada Pemusatan Pelatihan 1 selama dua bulan.

Selanjutnya, mereka bertiga beserta Juara 1, 2, dan 3 dari Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK tingkat Nasional saling beradu kemampuan melalui Seleknas 2 untuk memperebutkan 3 tempat pada pemusatan pelatihan 2 (Kabar terkahir yang penulis terima, Seleksi Nasional dengan juara LKS ditiadakan). Waktu pelatihan 2 berjalan selama delapan bulan. Disinilah mereka dipersiapkan secara khusus dan tidak hanya skills saja, tetapi juga mental dan atitude melalui Outbond. Pada tahap akhir, dilakukan seleksi final untuk memperoleh dua kompetitor yang akan mewakili Indonesia pada ASC ke 10 di Vietnam.

Untuk bidang Mechanical Engineering Design – CAD sudah 6 tahun terakhir perwakilannya selalu dari Kota Tangerang, yaitu dari SMK N 4 Kota Tangerang, termasuk saya sebagai lulusan tahun 2011 yang berhasil meraih mendali Emas pada ASC 2012. Dari sini (saat Seleknas 1) saya bisa memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma IV di Politeknik TEDC Bandung Melalui Program Beasiswa Unggulan Kemdikbud – Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri. Untuk informasi selengkapnya bisa diakses melalui wapsite http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id.

Tunggu apa lagi, ini saatnya kamu memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Kami ingin kamu menjadi peraih emas selanjutnya. :)

No comments:

Post a Comment